Arsitek Beken Andra Matin Bicara Rumah Hemat Energi BerandaMas

By 6 October 2017Teknologi Baik

ANDRA Matin bukan orang asing di dunia arsitektur Indonesia. Karya-karyanya banyak diganjar penghargaan. Cowok bernama lengkap Isandra Matin Ahmad ini selalu menghadirkan inovasi, eksperimen yang detail, dan ide-ide segar dalam setiap rancangannya.

Dari sekian rancangannya, satu di antaranya adalah Perumahan BerandaMas di Bekasi. Hunian yang dibangun PT PGN Mas, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk, ini menambah daftar panjang rancangan Andra Matin di dunia arsitektur.

Berkat sentuhan cowok jebolan Universitas Parahayangan ini, desain rumah BerandaMas bukan sekadar berbeda tapi juga mengakomodir fungsinya dalam efisiensi penggunaan energi. ”Kami betul-betuk desain rumah ini hemat energi,” tegas Andra Matin.

Misalnya saja rumah tak disusun menempel dengan rumah tetangga di kiri dan kanan. Andra sengaja memberikan celah antar rumah. Tujuannya selain meminimalisir sambaran kebakaran dari rumah tetangga, juga membuat aliran udara dan matahari masuk ke rumah dengan leluasa.

Di lantai bawah, Andra Matin sengaja menjadikannya lebih bersifat public area. Di situ menjadi pusat aktivitas penghuni. Mulai dari living area, dining, dan service area. Service area ditempatkan di depan agar bagian belakang lebih privat.

Maket rumah pintar BerandaMas yang desainya dipercayakan kepada arsitek kenamaan Andra Martin.

”Kami tidak menggunakan pintu atau jendela. Ruang bawah itu semacam pendopo. Benar-benar tropis dan merasakan kenyamanan meski rumah tak besar,” beber pria yang tak tahan lihat darah itu.

Selain itu, fasilitas penunjang gaya hidup penghuni pun turut menjadi perhatian. Sebut saja akses keluar masuk dalam satu pintu gerbang. Kemudian taman besar yang di tengah-tengahnya terdapat bangunan yang berfungsi sebagai mushala. ”Taman itu menjadi pusat orientasi dari keseluruhan kompleks,” ujar Andra Matin.

Lalu ada pula club house yang lokasinya di pinggir kompleks. Club house itu bisa menjadi tempat interaksi penghuni. Bahkan, tamu pun juga dapat menikmati fasilitas tersebut.

Baca: Siap-siap Kaget, Rumah yang Diarsiteki Andra Matin Dilego Rp 600 Jutaan

Tak ketinggalan, Andra Matin juga ingin mengadopsi konsep ‘hijau’ di BerandaMas yang direalisasikan lewat pedestrian di belakang barisan rumah. ”Secara keseluruhan inginnya hijau, jadi di dalam perumahan tersebut ada jalan-jalan yang merupakan pedestrian sehingga orang itu bisa tidak harus jalan besar tapi bisa lewat jalan kecil yang mana bisa jadi ruang main,” terang pemilik biro arsitektur bernama Andra Matin Architect (AMA) ini.

Asyiknya lagi, BerandaMas di Bekasi jadi contoh nyata rumah pintar. Bukan sekadar pintar dalam urusan efisiensi energi saja tapi juga pintar dalam arti secara harafiah. Maksudnya, penghuni bisa mengendalikan semua piranti di rumah seperti lampu, AC, TV, kamera pengawas, cukup lewat sentuhan layar ponsel. Hunian model gini banderol per unitnya hanya Rp 600-800 juta!

Foto Andra Matin: manual.co.id