Blusukan ke Mall Jadi Jurus Sebarkan Wawasan Energi Baik Gas Bumi

By 17 September 2017Umum

BLUSUKAN ke mall. Strategi inilah yang diterapkan Perusahaan Gas Negara (PGN) dalam mensosialisasikan energi baik yang bersumber dari perut bumi. Apalagi kalau bukan gas alam.

Kali ini PGN blusukan ke Plaza Senayan, Jakarta Selatan. Lokasi ini sengaja dipilih lantaran menjadi destinasi kelas menengah maupun tongkrongan anak-anak milenial.

Agar eye catching, sebuah papan informasi dengan desain grafis yang menarik terpasang di lokasi yang strategis. Di papan itu terdapat tulisan dalam ukuran besar berbunyi ‘Gas Bumi bukan LPG (elpiji).

Lewat kalimat itu, PGN ingin meluruskan pemahaman seputar gas bumi yang berbeda dengan elpiji. ”Kami ingin luruskan hal-hal yang mungkin selama ini belum dipahami pelanggan atau calon pelanggan,” kata Sales Area Head Jakarta PGN, Sabaruddin yang mengawal aksi blusukan di mall ini.

Misi untuk meluruskan pemahaman seputar gas bumi inilah yang membawa PGN blusukan ke pusat perbelanjaan.”Nah dengan begini mareka bisa lebih tahu layanan jasa PGN dan gas bumi. Dari pertemuan ini lebih paham tentang PGN dan jasa PGN,” tambah Sabaruddin.

Tak hanya itu, dia juga menyebut misi lain kehadiran PGN di Plaza Senayan juga memerkenalkan layanan PGN 360 degree kepada masyarakat. Lengkap dengan grafis skemanya. ”Informasi ini diteima baik oleh mereka. Ada tindak lanjut nanti terutama dengan industri telekomunikasi dan CNG,” ungkap Sabaruddin.

Selain kepada calon pelanggan, acara itu juga ditujukan kepada para pelanggan eksisting khususnya yang terdapat di lingkungan dalam Plaza Senayan. Terdapat lebih dari 80 tenant yang sudah menggunakan energi baik gas bumi PGN.

”Secara keseluruhan ada lebih dari 20 mal yang sudah menjadi pelanggan. Dan bertumbuh. Setiap bulan, pasti ada tenant mal yang menambah pemakaian gasnya,” ujarnya.

Pengunjung Plaza Senayan mendapatkan banyak informasi seputar gas bumi. 

Kepada para pelanggan eksisting, edukasi diarahkan kepada beberapa fokus, salah satunya terkait sistem keamanan (safety). ”Kami merasa perlu terus me-refresh. Karena safety itu tidak bisa dari sisi PGN saja. Tapi semua pihak. Termasuk juga ke ujung, end user. Jadi ini harus sama-sama,” terang Sabaruddin.

Manfaat lainnya, bagi PGN, dari pertemuan dengan para pelanggan eksisting dan calon konsumen itu adalah timbal balik pesan. Sabaruddin mengungkapkan bahwa pihaknya menangkap ide-ide dan isu dari pelanggan bahkan masyarakat. ”Ternyata memang itu kami temukan. Yang menuntut layanan baru, informasi yang baru, dan banyak lagi,” kata dia.

Aksi blusukan PGN ini menuai respons positif dari pengunjung. Satu di antaranya adalah Wicaksono. Pria paruh baya itu tertarik untuk mengetahui lebih jauh gas bumi. ”Oh PGN saya tahu,” ucapnya pendek.

Rasa penasarannya makin bertambah setelah diterangkan seputar pemanfaatan dari energi baik yang berasal dari perut bumi itu. ”Oh terus implementasinya gimana? Di mana saja sih bisanya?” Begitu berondongan pertanyaan dari dia.

Wicaksono adalah satu dari 30 pengunjung yang menghampiri booth PGN yang hadir di lantai P5 pusat perbelanjaan kelas atas tersebut. Mereka menerima penjelasan lengkap seputar gas bumi sekaligus berfoto. Tak ketinggalan, mereka pun turut menyebarkannya ke sosial media.