Bukan Tanpa Sebab PGN Begitu Getol Dukung Cabang Olahraga Sepeda

By 31 October 2017Umum

BERSIH, sehat, murah tapi enggak murahan. Itulah filosofi dasar kenapa PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, begitu getol mendukung atlet sepeda di Tanah Air lewat wadah PGN-Road Cycling Team (P-RCT).

Kiprah P-RCT dalam memajukan olahraga sepeda meraih apresiasi. Satu di antaranya dari Pemkab Sidoarjo yang menyematkan PGN sebagai instansi peduli terhadap olahraga. Tak tanggung-tanggung, penghargaan langsung diberikan Bupati Sidoarjo Saiful Illah langsung kepada Sales Area Head PGN Sidoarjo Andaya E Saputra.

”Peran PGN dalam pengembangan dunia olahraga di kabupaten Sidoarjo adalah menjadi bapak asuh untuk atlet sepeda, Iqbal Fanani,” ucap Andaya.

Acara berlangsung bertepatan dengan pelantikan pengurus baru KONI dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, KONI Jawa Timur, jajaran pejabat kecamatan se Sidoarjo, dan anggota DPR RI Komisi X, Arzetti Bilbina.

Andaya menekankan PGN tak akan bisa lepas dari kehidupan bersama masyarakat sekitar. Hal itu mengingat PGN beroperasi di tengah-tengah masyarakat sekaligus tumbuh bersama perekonomian bangsa. ”Termasuk pembinaan olahraga,” tegasnya.

Atlet sepeda binaan PGN yang berprestasi

Latar belakang itulah yang mendorong PGN memasukkan tanggungjawab sosial itu sebagai bagian tak terpisahkan dari tujuan pengelolaan energi baik gas bumi. ”Penghargaan ini kami maknai sebagai bentuk komunikasi warga Sidoarjo kepada PGN sehingga hubungan kami menjadi lebih,” beber Andaya.

Hubungan yang dimaksud berwujud PGN sebagai pemberi layanan energi gas maupun sebagai partner dalam kehidupan di luar aktivitas bisnis. ”Menurut saya, Sidoarjo istimewa. Inilah perwujudan BUMN Hadir untuk Negeri,” urai Andaya lagi.

Sementara Iqbal Fanani menjadi atlet binaan PGN. Remaja 14 tahun itu tak sekadar dibina tapi sudah membuktikan dirinya berprestasi di ajang kompetisi lokal maupun internasional. ”Yang terbaru Iqbal juara satu di Kejurnas Tugumuda, Semarang,” timpal Ketua Umum P-RCT Eri Surya Kelana.

P-RCT saat ini memiliki 31 atlet yang siap berkompetisi di berbagai ajang dan level. Melalui tim itu, PGN konsisten dan total turut mengembangkan olahraga sepeda sehingga kelak atletnya bisa berkontribusi nyata bagi daerahnya masing-masing dan bagi negara.