Canggihnya Alat Pintar Pengendali Tagihan Listrik, Bisa Dikontrol Pakai Smartphone

By 22 December 2017Teknologi Baik

TAGIHAN listrik seringkali membuat ibu rumah tangga harap-harap cemas. Detak jantung enggak karuan. Khawatir kalau-kalau tagihan membengkak. Bila itu terjadi, maka pos anggaran lain bakal dikorbankan demi melunasi tagihan tersebut.

Kecemasan kaum emak-emak ini bisa diredakan berkat hasil karya mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Dari kreativitas mereka, terciptalah perangkat yang memudahkan emak-emak mengontrol penggunaan listrik tanpa instalasi yang ribet.

Kerennya lagi, perangkat tersebut mampu mengendalikan perlengkapan elekronik di rumah cukup lewat ponsel. Yup, perangkat berlabel Ion-Smart itu dapat terkoneksi via sambungan internet. Tuh, canggih kan!

Perangkat itu diciptakan Asmara Nova Susanto bareng tiga rekannya, yakni Agus, Viqi, dan Ishom. Sebenarnya, menurut Asmara, Ion-Smart merupakan hasil dari riset panjang yang dilakukan sejak tahun 2015. Kala itu, mereka sudah tertarik untuk menghadirkan perangkat pintar yang berfungsi mengontrol pemakaian listrik.

Ketelatenan mereka membuahkan hasil. Ion-Smart sukses menjadi jawara dalam program kewirausahaan yang digagas sebuah bank nasional yang diganjar pendanaan untuk pengembangkan berikutnya.

Ion-Smart sendiri menjadi bentuk nyata pemanfaatkan teknologi internet of things (IoT). Perangkat itu dapat dikendalikan melalui ponsel yang berperan sebagai remote control.

Fungsi remote control diaplikasikan untuk mendigitalisasi sakelar-sakelar manual ke dalam ponsel. Alhasil, ponsel seketika bisa menjadi alat pengendali jarak jauh untuk mengoperasikan peralatan listrik di rumah.

Perangkat I-On Smart yang berfungsi mengendalikan pemakaian listrik (foto:anakteknik.com)

“Kami optimistis, temuan ini akan bermanfaat bagi penghematan listrik rumah tangga dan memberi rasa nyaman bagi pemilik rumah karena dapat melihat status listriknya meski berada jauh dari rumah. Data-data tersebut bahkan dapat di-share,” ujar Agus Prasetiyo yang berperan sebagai Chief Technology seperti dikutip dari kompas.com.

Pendek kata, i-On Smart adalah perangkat pintar yang memudahkan otomasi dan kontroling perangkat rumah dari mana pun dan kapan pun. Di samping itu, perangkat itu juga dapat meningkatkan keamanan sekaligus menghemat tagihan listrik bulanan.

Meski sudah menciptakan perangkat keren, tapi Asmara dan tim tak hanya berhenti di situ. Mereka tetap bersemangat untuk menciptakan solusi rumah tangga lainnya yang sederhana tapi berdaya guna besar.

Lagi pula, mereka memegang prinsip teknologi harus mempermudah kehidupan manusia, tetapi sekaligus tetap ramah terhadap lingkungan.  Nah, siapa tahu perangkat pintar berikutnya berhubungan dengan penggunaan gas bumi!