Daftar Jadi Pelanggan Gas Bumi Gampang Banget, Bisa Gratis Pula

By 2 December 2017Umum

SEBENARNYA bukan perkara sulit untuk menjadi pelanggan gas bumi di rumah. Tinggal pastikan saja hunian dilalui jaringan gas bumi. Jika iya, langsung saja datangi kantor sales area PGN terdekat.

"Kita sudah tersebar kantor area. Datangi saja kantor area. Di situ ada formulir yang harus diisi. Jadi sama saja prosesnya jika ingin langganan listrik atau PAM," terang Sekretaris Perusahaan PGN Rahmat Hutama beberapa waktu lalu seperti dikutip dari detik.com.

Setibanya di kantor PGN, lalu isi formulir yang disediakan. Berikutnya tinggal serahkan ke petugas yang akan memproses dan mensurvei lokasi hunian yang dimaksud. Dari survei itu akan diketahui prediksi panjang instalasi pipa yang terhubung dengan jaringan gas.

Kemudian akan dikalkulasikan biaya pemasangan pipa dari jaringan gas ke dapur. Besaran biaya tergantung dari panjang pipa yang diperlukan. Hanya yang perlu diketahui, bila kawasan hunian masuk dalam peta penugasan pemasangan jaringan gas, maka pemerintah yang akan menanggung biayanya alias gratis.

Bila perlu informasi lebih lanjut, misalnya ingin mengetahui seberapa besar kocek yang bisa dihemat bila menggunakan gas bumi, maka yang perlu dilakukan tinggal mengakses situs resmi pgn.co.id.

Setelah masuk ke situs resmi itu, pilihlah Kalkulator Energi Baik. Cantumkan lokasi untuk perhitungan penghematan. Rahmat menekankan tarif gas bumi sementara ini berbeda-beda tergantung dari lokasi. Hal ini dikarenakan pengaliran gas di jaringan gas berasal dari sumur yang berbeda.

Menteri Igansius Jonan saat meninjau jargas di Kota Mojokerto (metrotvnews)

Dia mencontohkan Jawa bagian barat di mana alokasi gasnya berasal dari Sumatera. ”Harganya beda karena alokasi pasokannya tidak satu tempat. Harganya juga ditentukan SKK Migas,” urai Rahmat.

Sementara ini, Jakarta termasuk daerah dengan harga gas yang paling murah. Sedangkan Sorong adalah daerah dengan harga yang terbilang paling mahal di kisaran Rp 6.000 per meter kubik.

Rahmat mengakui rata-rata pelanggan PGN sudah enggan menggunakan elpiji. ”Kita sudah survei mereka mau enggak pakai LPG lagi? Katanya enggak mau, mereka lebih senang pakai gas bumi," terang dia.

PGN mencatat untuk jumlah pelanggan rumah tangga hingga 30 September 2017 tercatat sebanyak 177.170 pelanggan. Angka itu setara 0,4% dari total penjualan PGN.

Sementara penjualan untuk pelanggan industri dan pembangkit listrik mendominasi 97,1%, meskipun jumlahnya hanya 1.739 pelanggan. Sementara untuk pelanggan komersial dan UMKM sebanyak 2,5% dengan pelanggan sebanyak 1.984 pelanggan.