Gas Bumi Jadi Penggerak Roda Bisnis Geopark Sukabumi

By 6 December 2017Umum

GAS bumi dipastikan akan menjadi sumber energi penggerak bisnis di Kawasan Ekonomi Khusus Geopark Sukabumi. Hal itu dipastikan setelah T Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT Bintangraya Lokalestari.

Penandatangan dilakukan antara Direktur Komersial PT PGN (Persero) Tbk Danny Praditya dan Komisaris PT Bintangraya Lokalestari, Dhanny Handoko di sela meeting Forum Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu yang digelar Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata.

Dalam kerjasama itu, kedua pihak sepakat memanfaatkan gas bumi beserta turunannya aitu gas pipa, CNG, dan LNG di KEK Geopark Sukabumi.

Selain itu, PGN akan mengembangkan infrastruktur gas bumi, pembangunan, pengoperasian, dan komersialisasi pembangkit tenaga listrik, chiller, teknologi informasi untuk mendukung pengembangan bisnis KEK Geopark Sukabumi.

Masuknya gas bumi KEK Geopark Sukabumi menjadi langkah nyata PGN mendongkrak konsumsi energi baik. Hal itu mengingat PGN menargetkan seluruh kawasan industri di Indonesia terdistribusikan pipa gas bumi.

"Pasokan gas bumi di kawasan industri ini adalah upaya kami merealisasikan program konversi energi ke gas bumi. Pemanfaatan gas bumi yang efisien, ramah lingkungan, dan aman terbukti berhasil mendorong daya saing sektor industri nasional terus meningkat," kata Direktur Komersial PGN Danny Praditya seperti dikutip dari industry.co.id.

Kinerja penyaluran gas bumi PGN mengalami peningkatan sepanjang triwulan III-2017 sebesar 17 persen dibandingkan triwulan II-2017. "Kenaikan ini dikontribusikan dari peningkatan konsumsi gas baik yang berasal dari sektor industri maupun dari sektor kelistrikan," kata Danny.