Kota Dumai Sebentar Lagi Bisa Menikmati Gas Bumi

By 30 October 2017Umum

WILAYAH Dumai, Riau, sebentar lagi bisa menikmati sumber energi baik bila jaringan gas bumi tuntas dibangun. Total, pipa distribusi gas bumi yang dibangun PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sepanjang 56 kilometer.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Dilo Seno Widagdo menyatakan proyek pembangunan pipa jaringan gas sampai saat ini perkembangannya sudah mencapai 40 persen.

Pembangunan pipa tersebut ditujukan untuk melayani kebutuhan gas bumi di Kota Dumai, baik pelanggan sektor industri, komersial, sampai rumah tangga. Kawasan Industri Pelintung, Pelindo, dan Lubuk Gaung menjadi pelanggan potensial dari gas bumi yang merupakan sumber energi baik. "Juga sejumlah industri di bidang oleochemical," ujar Dilo.

Proyek pembangunan pipa itu sendiri sudah berlangsung sejak beberapa bulan lalu. PGN telah membereskan semua perizinan sehingga konstruksinya berjalan mulus. Praktis, target yang dicanangkan PGN bakal tercapai.

Bahkan untuk seksi Lubuk Gaung ditargetkan selesai pada akhir Desember 2017. Sementara itu, seksi Simpang Belitung selesai pada pertengahan 2018. "Jadi kami harapkan bisa on target bersamaan dengan selesainya proyek pipa transmisi gas bumi Duri-Dumai sepanjang 67 km pada Oktober 2018," ujar Dilo.

Dumai bukan satu-satunya proyek yang tengah digarap.PGN juga sudah mengembangkan infrastruktur pipa transmisi gas bumi West Natuna Transmission System (WTNS) ke Pulau Pemping.

Pekerja menyelesaikan proyek jaringan gas bumi di Batam. (antara)[/caption]

Di samping itu, saat ini juga dikebut pengembangan pipa gas bumi di Muara Karang-Muara Bekasi sepanjang 42 km. Di luar Riau, PGN juga masih dalam proses membangun jaringan pipa distribusi gas bumi di Pasuruan, Mojokerto.

Seperti diketahui, PGN sudah mengoperasikan infrastruktur pipa gas bumi sepanjang 7.270 km atau setara 80 persen pipa gas bumi hilir seluruh Indonesia. Menariknya, sumber dana pembangunan jaringan gas itu sama sekali tidak dibiayai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Hingga kini, tercatat sudah 1.652 pelanggan industri dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial atau hotel, restoran, dan rumah makan, usaha kecil yang menikmati gas bumi. PGN juga mengalirkan gas ke 204.000 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN ini tersebar di 19 kota di 12 provinsi.