PGN Komandoi BUMN dalam Aksi Pantai Bebas Sampah Jelang Sail Sabang 2017

By 24 November 2017Umum

DALAM waktu dekat, gelaran Sail Sabang 2017 bakal dihelat di Teluk Sabang dan Gapang Resort. Ajang berskala internasional yang kali ini mengusung tema ‘Sabang Menuju Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia’ ini menjadi etalase keindahan alam Indonesia.

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) ikut andil dalam event tahunan tersebut dengan cara berbagi energi baik. Konkretnya dengan melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Ocarina, Batam, Kamis (23/11/2017).

Semua jenis sampah yang mengotori pantai yang diresmikan sejak 2009 itu disapu bersih puluhan peserta yang bergerak secara gotong-royong. Dalam sekejab, pantai terlihat bersih, bebas sampah, dan sedap dipandang mata.

PGN menjadi koordinator dalam sumbangsih Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui kegiatan tersebut. BUMN pendukung lainnya di antaranya PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Garuda Indonesia Tbk, PT Jasa Raharja, dan PT Pelindo I.

Tak ketinggalan, aksi peduli lingkungan itu turut didukung Peserta Pelayaran Nusantara (Pelantara) VII Sail Sabang 2017 yang kebetulan sudah tiba di pantai Ocarina pada Rabu (22/11).

Sebelumnya, tim yang terdiri atas Satgas Pelantara VII Saka Bahari dan Bakti Bela Negara Sail Sabang 2017 (754 orang) itu berlayar menggunakan kapal KRI Banda Aceh selama tiga hari mulai 20 November 2017.

Pegawai PGN ikut berpartisipasi dalam bersih-bersih pantai jelang event Sail Sabang 2017.

Di samping bersih-bersih, kegiatan juga meluas dalam bentuk pemberian bantuan seperti bahan makanan di perkampungan yang disinggahi. Lalu PGN bersama PT Jasa Raharja mensiagakan mobil sehat untuk mendukung layanan kesehatan berupa pengobatan gratis.

Layanan semakin komplet dengan adanya donor darah oleh TNI Angkatan Laut (Lanal) dan penyuluhan dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Sail Sabang 2017 itu sendiri secara resmi sudah dilaunching Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Gubernur Aceh Irwandi Yusuf pada 9 November 2017. Puncak acara rencananya akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Sail Sabang 2017 adalah sail ke-9 setelah Sail Karimata 2016 yang digelar di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat pada 2016.

PGN turut andil dalam aksi membebaskan pantai dari sampah jelang Sail Sabang 2017.

Bukan tanpa alasan jika Sabang dipilih tahun ini oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI sebagai lokasi utama penyelenggaraan sail 2017.

Sabang yang terletak di Pulau Weh merupakan satu kota kepulauan di Aceh yang sedang memerkukuh dan memercantik dirinya sebagai destinasi wisata bahari dunia di kawasan paling barat Republik Indonesia itu.

Dikenal sebagai “surga terpendam di ujung Pulau Sumatera”, Sabang tidak hanya memiliki kekayaan dan keragaman pesona daya tarik wisata bahari dan budaya. Akan tetapi juga memiliki berbagai sejarah panjang yang turut memberi andil besar pada awal kemerdekaan RI di masa lalu.