PGN Pasang Gratis Konverter Kit di Angkot dan Mobil Dinas Pemprov Lampung

By 9 August 2017Umum

TAK butuh waktu lama bagi PGN untuk merealiasasikan permintaan pemasangan konverter kit di kendaraan dinas dan angkutan kota di Lampung. Buktinya, PGN telah memasang konverter kit untuk 116 kendaraan.

Bukan cuma itu saja, PGN juga siap mengemban tugas membangun dan mengoperasikan jaringan gas (jargas) 10.321 sambungan rumah. ”Konverter kit itu dibagikan gratis. Sedangkan pemasangan jargas di 10.321 unit rumah tersebar di 21 kelurahan di Bandar Lampung,” kata Alimuddin Baso, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian ESDM.

Proyek jargas di Bandar Lampung sepanjang 204 km tersebut, ditargetkan tuntas di khir tahun 2017. Selain di Lampung, PGN tahun ini mendapatkan penugasan untuk membangun jargas di Musi Banyuasin, DKI Jakarta, dan Mojokerto dengan total sebanyak 26.000 sambungan rumah tangga.

Sebelumnya, PGN juga mendapatkan penugasan untuk membangun dan mengoperasikan jargas di 8 wilayah berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Nomor 2461 K/12/MEM/2017, yakni wilayah Jabodetabek, Kabupaten Bogor, Kota Cirebon, Kota Surabaya, Kota Tarakan, Kabupaten Blora, Kota Semarang dan Kabupaten Sorong.

PGN menyerahkan konveter kit untuk kendaraan dinas di Lampung

“Pemerintah bersama BUMN setiap tahunnya akan terus menambah pembangunan jaringan gas bumi rumah tangga, sehingga semakin banyak masyarakat merasakan manfaat besar menggunakan gas bumi, mulai dari lebih efisien, mudah, praktis dan mengalir 24 jam penuh tanpa takut kehabisan,” tambah Alimuddin.

Sedangkan untuk pembagian konverter kit di Lampung, tahun ini pemerintah juga menugaskan PGN melalui anak usaha PT Gagas Energi Indonesia membagikan di Jakarta, Bogor, Batam, Pondok Ungu, IRTI Monas, Grogol, Sukabumi, Purwakarta, Bandung, Surabaya dan Gresik dengan total sebanyak 2.021 unit konverter kit.

“Tahun ini, Pemerintah menalokasikan anggaran sebesar Rp 97,8 miliar untuk membagikan total sebanyak 5.000 unit konverter kit. Pemerintah menugaskan Pertamina dan PGN untuk membagikan sekaligus memasang di kendaraan dinas, angkot dan kendaraan lainnya,” jelas Alimuddin.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN, Dilo Seno Widagdo menambahkan, selaku BUMN di sektor gas bumi, PGN siap melaksanakan penugasan yang diamanatkan pemerintah.

“PGN akan terus mendukung program konversi energi dari bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Saat ini PGN telah membangun dan mengelola lebih dari 7.270 km pipa gas bumi atau setara 80% infrastruktur pipa gas bumi Indonesia,” kata Dilo.

Saat ini PGN telah memasok lebih dari 1.658 industri besar dan pembangkit listrik, lebih dari 1.930 pelanggan komersial dan 204.000 pelanggan rumah tangga yang tersebar di 19 kabupaten/kota di 12 provinsi di seluruh Indonesia.