PGN Sabet Gelar Juara Umum Sustainability Reporting 2017 Dari NCSR

By 16 March 2018Umum

PGN Sabet Gelar Juara Umum Sustainability Reporting 2017 Dari NCSR

Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali meraih penghargaan atas komitmennya dalam menjalankan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan.

Kali ini PGN berhasil menyabet gelar juara umum alias Best Overall Winner atas penghargaan "Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) 2017" dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Penghargaan tersebut diterima oleh Direktur Umum PGN Desima E. Siahaan di Hotel Lorin Solo, Sabtu (24/02/2018).

"Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami karena artinya kontribusi kami sebagai perusahaan gas nasional terhadap upaya pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan sejalan dengan program SDGs pemerintah," kata Desima.

Sustainability Reporting (Laporan Keberlanjutan) atau Laporan CSR adalah laporan yang memuat kinerja perusahaan dalam tiga aspek yaitu ekonomi, lingkungan, dan sosial.

Desima mengatakan, sesuai dengan komitmen PGN untuk menyebarkan energi baik kepada seluruh masyarakat, pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) tidak hanya berhenti pada program-program yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Desima, PGN turut menjaga kelestarian hidup, menunaikan tanggung jawab kepada pelanggan, meningkatkan hubungan industrial yang kondusif dengan pekerja, dan meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja.

"Dalam menghadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks, terutama jika dikaitkan dengan kondisi global warming serta kondisi sosial masyarakat yang memprihatinkan mengharuskan PGN menjalankan perusahaan dalam konteks berkelanjutan," kata Desima.

Dalam hal ini, PGN mengupayakannya lewat Prinsip 3P, Profit, Planet, dan People. Profit berarti setiap keputusan bisnis perusahaan harus berdampak pula pada pertumbuhan ekonomi nasional. Planet merujuk pada perhatian PGN terhadap upaya pelestarian bumi.

Adapun prinsip People adalah bagaimana PGN dalam melaksanakan program-program yang berkelanjutan turut mensejahterakan masyarakat. Sebagai badan usaha milik negara, program kemasyarakatan bukan saja meningkatkan citra dan reputasi perusahaan tetapi juga menjadi pendorong terciptanya hubungan harmonis antara PGN dan masyarakat.

"PGN yakin perusahaan akan tumbuh dan berkembang untuk jangka panjang dan juga akan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, apabila Prinsip 3P ini dijalankan secara konsisten karena dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial dipertimbangkan dalam setiap kegiatan operasi perusahaan," tutup Desima.