Rumah Pintar BerandaMas Ceritakan Manfaat Luas Gas Bumi di Properti

By 19 December 2017Umum

"KEGIATAN yang dilaksanakan hari ini akan menjadi cerita baru dalam upaya mendorong pemanfaatan gas bumi di berbagai sektor di Indonesia."

Itulah pernyataan Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Jobi Triananda Hasjim saat open house BerandaMas, proyek pembangunan 350 unit rumah di Narogong, Bekasi.

Yup, Jobi menjadikan proyek BerandaMas yang merupakan rumah pintar berbasis energi itu sebagai upaya PGN mengenalkan hunian berkonsep smart house yang ke depannya menjadi pionir griya dengan penggunaan energi baik untuk kegiatan sehari-hari.

Berlokasi di kawasan Vida Bekasi, seluruh unit rumah yang dibangun anak usaha PGN, yakni PGN Mas, ini mengandalkan energi ramah lingkungan. Selain memiliki fasilitas panel surya berkapasitas 1.300 VA, rumah-rumah ini nantinya akan terintegrasi dengan jaringan gas bumi PGN, jaringan fiber optic hingga underground utilities.

"Hari ini adalah saat-saat yang kami tunggu untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk melihat program rumah pintar berbasis energi yang kami canangkan. Perumahan ini akan menjadi rumah pertama di Indonesia berbasis energi alias Indonesia's First Energy-Based Housting Estate," urai Jobi.

Panel surya terpasang di seluruh rumah menjadikan penghuni memiliki sumber energi alternatif untuk kebutuhan listrik. Ketiga pagi hingga sore, kebutuhan listrik untuk televisi, kulkas, lampu, dan peralatan listrik lainnya bisa mengandalkan energi surya.

Pastinya, sambung Jobi, open house BerandaMas yang berkonsep smart house ini juga untuk menyebarkan manfaat dari energi baik. Selain bersih dan aman, tentunya penggunaan energi gas bumi di perumahaan ini memberi keuntungan kepada penghuni karena lebih hemat.

Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Jobi Triananda Hasjim meninjau langsung proyek rumah pintar BerandaMas di Bekasi.

"Pemilik rumah dapat menghemat pengeluaran listrik dan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-hari karena seluruh unit rumah terkoneksi jaringan pipa gas bumi PGN," ujar Jobi.

Terobosan lain yang dilakukan oleh PGN Mas adalah memungkinkan penghuni mengontrol penggunaan alat elektronik seperti lampu, kipas angin, air conditioner dan alat elektronik lainnya menggunakan aplikasi. "Sehingga meski berada jauh di luar rumah, penghuni bisa mematikan dan menyalakan peralatan elektronik di rumah masing-masing," kata Jobi.

Dalam program BerandaMas ini, PGN Mas akan membangun sejumlah tipe rumah. Dengan total 350 unit rumah, rencananya akan ada 4 tipe griya, yaitu Tipe Tanagi 64/60 (lebar bangunan/lebar tanah), Tipe Banu 80/72, Tipe Anila 95/84, dan Tipe Adanu 116/105.

Untuk menambah kenyamanan dari hunian, PGN Mas juga membangun segenap fasilitas yang menunjang konsep hunian ini. Fasilitas pendukung ini di antaranya club house, rumah ibadah, taman bermain, jogging track, dan one gate system ke infrastruktur penunjang seperti jalan tol.