Sejarah Berdirinya Bike to Work Indonesia

By 24 February 2013Bike to Work

SEJARAH B2W Indonesia – Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung (Komunitas Jalur Pipa Gas) yang punya om Toto semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah KOMUNITAS PEKERJA BERSEPEDA

(Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004 di Plaza Danamon, yang dihadiri oleh 150 pesepeda. Kampanye yang diprakarsai oleh Anton (alm), Abby, Toto, Ozy, Toufik, Devin, dan kawan-kawan lainnya dari Jalur Pipa Gas (JPG) Mountain Bike itu kemudian dilanjutkan pada bulan Agustus 2005 yang diikuti oleh 600 pesepeda, sekaligus deklarasi pembentukan B2W Indonesia.

Tujuannya tidak lain agar memiliki wadah sendiri dengan tujuan yang jelas, dan sudah tentu akan lebih mudah berkembang. Pada akhirnya, kampanye ini pun mengakumulasi pada acara B2W Day di Bundaran HI pada tanggal 25 Agustus 2006 yang dihadiri sekira 1.300 pesepeda dari seluruh wilayah di Jakarta. Kampanye tersebut terbilang sukses karena menarik perhatian seluruh media cetak dan elektronik nasional.

“Mudah-mudahan kita tidak terlalu terlena dan puas,” ujar Toto Sugito yang saat ini adalah Ketua Umum B2W Indonesia, “(karena) masih banyak dan panjang sekali pekerjaan yang harus kita lakukan untuk menjadikan sepeda sebagai alat transportasi alternatif dan juga mewujudkan jalur prioritas sepeda dan fasilitasnya di kota-kota besar pada umumnya dan di Jakarta khususnya. Kesabaran dan konsistensi yang tinggi masih kita butuhkan untuk merealisasikan cita-cita kita.”

Visi dan Misi dari komunitas B2W Indonesia merupakan wujud kepedulian kita terhadap peningkatan kualitas manusia Indonesia secara fisik maupun psikis, serta terhadap permasalahan lingkungan hidup yang terjadi saat ini.

Jadi, bisa disimpulkan BAHWA:

  • B2W adalah gerakan moral yg lahir dari keprihatinan akan kemacetan, pemborosan energi & meningkatnya polusi yg akan berakibat pada degradasi kecerdasan & mental manusia Indonesia
  • Kenapa kita harus berkolaborasi dengan klub/perkumpulan sepeda? Karena gerakan secara sporadis tidak akan membuahkan apapun. Atau bila terjadi, akan sangat kecil gaungnya.
  • Apapun klub/perkumpulannya & jenis sepedanya, mari kita bergerak serentak menggaungkan Gerakan Bersepeda.
  • Kalo ditanya kenapa B2W yang katanya gerakan moral tapi punya struktur organisasi? Itu karena kita perlu melakukan hubungan sosial dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Kita tidak punya teritori, tapi pemerintah mulai dari lurah, camat sampai gubernur & presiden punya. Itu sebabnya kita harus punya jalur komunikasi dengan pemerintah, sehingga akan membantu mempermudah cita-cita organisasi ini melalui visi misinya.

Tulis Komentar