Tasia dan Gracia Pamerkan Kebhinekaan Kuliner Indonesia ke Negeri Orang

TASIA dan Gracia. Kakak beradik ini turut punya andil memopulerkan kuliner nusantara ke benua Australia. Dengan status sebagai jawara My Kitchen Rules (MKR), acara memasak dengan bungkus reality show, dua wanita keturunan Indonesia ini sukses mengglobalkan kuliner Indonesia.

Bagi sebagian publik di sini, Tasia dan Gracia mungkin asing. Tapi tidak di Australia. Dua wanita asli Indonesia yang menetap di Melbourne ini adalah selebritas baru. Lewat MKR yang tayang di Channel 7, publik negeri Kanguru itu akhirnya tahu betapa lezatnya kuliner Tanah Air.

Betul, Tasia dan Gracia memang sudah menetap di Melbourne. Hanya lidahnya tetaplah lidah domestik. Kerinduan terhadap kuliner nusantara membuat mereka harus putar otak agar hasrat itu terpenuhi.

Dari sinilah keahlian memasak keduanya terasah. Akrab dengan bumbu dapur, jago meramu rempah-rempah, dan punya lidah bercitra rasa tinggi, jadi modal awal ikutan MKR.

Praktis dalam tiap sesi MKR, Tasia dan Gracia konsiten menyajikan menu-menu lokal yang disajikan dalam gaya otentik-moderen. Masakan Indonesia yang terkenal kaya akan rempah-rempah dan tentunya rasa yang kompleks cukup memukau juri.

Tasia dan Gracia (Herald Sun)

Bahkan orang bule yang cenderung menghindari pedas, malah ketagihan terhadap sambal olahan Tasia dan Gracia. Sampai-sampai ketika keduanya hendak menurunkan level pedas, malah diprotes juri! Gara-gara inilah, kakak beradik yang selisih usianya sangat tipis ini dijuliki ‘Spices Sisters’ selama berlangsungnya program acara.

Baru-baru ini, Tasia dan Gracia terbang ke Indonesia untuk menghadiri Konvensi Diaspora yang turut mengundang Presiden ke-44 Amerika Barack Obama. Kedua berbagi cerita seputar peran sebagai ‘etelase Indonesia’ di negeri orang.

”Filosofi kami dalam memasak adalah menciptakan kenangan karena kami sendiri dibesarkan dengan menikmati masakan Indonesia yang dibuat ibu dan nenek kami. Masakan Indonesia punya peran dan pengaruh penting dalam cara memasak kami. Tidak hanya masakan Indonesia, kami sendiri memang cinta masakan Asia Tenggara, dan masakan Asia ini yang menjadi fokus utama kami saat berkompetisi,” kata keduanya seperti dikutip dari Kumparan.

Alhasil, prestasi Tasia dan Gracia jelas menguntungkan agar kuliner nusantara makin dikenal penduduk dunia. Bahkan statusnya yang menjadi selebriti baru, membuat keduanya menjadi media diplomasi baru dalam budaya Tanah Air di Benua Australia.

Mereka pun mengakui sejak menjuarai reality show itu, spontan menerima banjir tawaran untuk beraksi mengaduk-aduk bahan makanan menjadi masakan lezat di hadapan publik Australia.

Di saat bersamaan, jawaranya Tasia dan Gracia di acara kuliner di negeri orang membuktikan betapa kekayaan kuliner berikut cita rasanya dari negeri ini sulit ditandingi. Keragaman kuliner Indonesia juga membuktikan kebhineakaan bangsa ini.