Ternyata Sekam Padi dan Arang Bisa Buat Ngecas Ponsel

By 16 January 2017Teknologi Baik

Sungguh, temuan mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Jember, Jawa Timur, ini bikin kagum. Jelas kagum akan kejeniusan mereka menemukan powerbank yang bisa diisi tanpa pakai listrik.

Temuan itu dilabeli ‘Powerbank by Gas’ atau disingkat POB’S.

Ada embel-embel gasnya karena itulah sumber energi dari powerbank.

POB’s ini sudah dibekali kemampuan mengkonversi energi gas dari sisa pembakaran menjadi energi listrik. Nah, setelah menjadi energi listrik inilah yang akhirya digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel.

Energi listrik yang berasal dari sisa pembakaran ini tentu menjadi alternatif sumber listrik yang selama ini berasal dari PLN.

Bila temuan mereka ini dimanfaatkan dengan maksimal, terbuka peluang Indonesia bisa menghemat listrik secara signifikan.

Coba bayangkan saja berapa banyak listrik yang dihabiskan untuk mencas baterai ponsel milik seluruh penduduk negeri ini?

Wajar bila POB’s disebut-sebut bakal menjadi revolusi energi listrik di Indonesia, bahkan dunia.

Sumber energi listrik dari POB’s ini berasal dari pembakaran sekam padi dan arang dalam bentuk briket. Formula kedua bahan yang ditempatkan dalam box menghasilan gas.

Gas itu yang kemudian dikonversi sedemikian rupa menjadi aliran listrik yang ditampung dalam powerbank.

Dari hasil pengukuran, box hasil pembakaran sekam padi dan arang itu bisa mengisi penuh powerbank kosong dalam waktu 3-4 jam.

Motif mahasiswa Universitas Jember ini menciptakan powerbank dari energi alternatif berangkat dari keprihatinan terhadap sumber energi konservatif di negeri ini.

Pastinya, inovasi mereka itu membuktikan betapa masih melimpahnya sumber eneri alternatif di negeri ini.

Tulis Komentar