Tongkat Tuna Netra Berbasis Android Buah Inovasi Program PGN Menyapa

By 27 November 2017Teknologi Baik

TONGKAT Tuna Netra Android menjadi buah nyata program PGN Innovation Camp 2017. Alat bantu bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam indera penglihatan tersebut adalah satu dari tujuh inovasi teknologi dari jawara PGN Innovation Camp 2017 yang dikembangkan selama tiga bulan untuk diimplementasikan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rico Yuswah, mahasiswa Teknik Elektro di Universitas Lampung, adalah sosok di balik inovasi tongkat yang dibutuhkan para difabel tersebut. Tongkat yang berperan sebagai pemandu tersebut dilengkapi sensor gerak dan voice note berbasis Android.

Inovasi Rico itu lantas diberikan kepada penderita tuna negra di Kabupaten Bantul. Seremoninya disaksikan langsung Direktur PT PGN LNG Mugiono.

Dalam kesempatan itu pula, dijelaskan seputar penggunaan Tongkat Tuna Netra berbasis Android itu dengan tujuan agar menjadi inspirasi bagi banyak pihak. Inovasi anak negeri itu diharapkan ke depannya dapat memancing kreativitas lebih banyak lagi.

Sebelumnya, para creator dan Innovator terbaik berkumpul untuk menguji gagasan, ide dan innovasi yang telah mereka bangun untuk berkompetisi dan memupuk keahlian softskill, kreatifitas dan inovasi dalam kegiatan PGN Innovation Camp 2017. Tepatnya pada 31 Juli 2017 – 5 Agustus 2017.

Direktur PT PGN LNG Mugiono berbincang dengan peserta program PGN Menyapa.

Kegiatan PGN Innovation Camp 2017 merupakan turunan dari program PGN Menyapa. Kali ini, program yang menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan pelat merah dan bekerja sama dengan Yayasan Karya Salemba Empat itu berlangsung di Desa Pleret, Bantul, pada 23-25 November.

PGN dan KSE menggelar acara tersebut dengan tujuan melahirkan para future leaders di bidang inovasi dan teknologi terapan. Tentu saja karya yang mampu diimplementasikan kepada masyarakat.

PGN Menyapa merupakan pemberian Beasiswa kepada Mahasiswa di empat Perguruan Tinggi Negeri sejak tahun 2009 dan Pelatihan Inovasi Teknologi dan Kewirausahaan, PGN Innovation Camp, sejak tahun 2015.